Selasa, 02 Februari 2016

Games Pengajaran Bahasa Tentang Kata Benda (noun) dan Kata Sifat (adjective)

Untuk menyiasati suatu materi pelajaran dalam proses KBM banyak hal dilakukan oleh setiap guru agar materi tersebut dapat diserap dan diterima dengan mudah oleh anak didiknya. salah satunya dengan lebih membuat siswa merasa nyaman ketika diajar. situasi ini akan mudah diperoleh dalam sebuah games. berikut adalah salah satu metode games yang mungkin dapat berguna.
Games Pengajaran Bahasa Tentang Kata Benda (noun) dan Kata Sifat (adjective)
Games Pengajaran Bahasa Tentang Kata Benda (noun) dan Kata Sifat (adjective)

What is it merupakan sebuah game yang diperkenalkan oleh seorang ahli pengajaran bahasa Inggris bernama Nation. Permainan ini sangatlah cocok digunakan oleh guru bahasa Inggris dengan materi describing tings yang mendasarkan pada konteks speaking.
Untuk menjalankan permainan ini, maka terlebih dahulu guru membuat siswa mengerti dengan cara memegang sebuah benda, misalnya penghapus. Berbekal penghapus tersebut, kemudian guru menuliskan berbagai macam karakteristik atau deskripsi mengenai benda tersebut. Deskripsi rinciannya bisa seperti ini:
It is brown.
It is big.
It is full of dush.
It is made of wood.
It is used to clean the blackboard.
Game 1
1. Setelah siswa mengerti bagaimana cara kerja pendeskripsian melalui game “what is it”, maka guru melakukan beberapa tes kepada siswanya.
2. Guru bisa memanfaatkan sebuah spidol atau penghapus dan mulai menghitung angka 1-5.

1. Sembari guru menghitung, siswa harus mengoper spidol tersebut ke teman yang ada di samping mereka. Spidol terus berjalan dan pada hitungan kelima, maka siswa tepat dimana spidol berhenti harus menyebutkan satu deskripsi mengenai benda yang dipegang oleh guru.
2. Misalkan guru memegang penggaris, maka paling tidak siswa tersebut menjawab it is thin ketika guru bertanya what is it? kepadanya.
3. Terus lakukan permainan ini sebelum Anda melanjutkan ke permainan tahap kedua. Lakukan ini hanya sebagai permainan pemanasan.
Game Kedua
1. Setelah beberapa menit diadakan game tersebut, maka lanjutkan game kedua dimana prosedurnya adalah sebagai berikut.
2. Guru mempersiapkan potongan-potongan kertas yang terlipat dan berisi nama-nama benda tersebut.
3. Siswa dibagi ke dalam kelompok, satu kelompok beranggota 5 orang.
4. Kelompok pertama maju ke depan kelas, berbaris rapi untuk menunggu antrian.
5. Siswa pertama mengambil potongan kertas yang ada di tangan guru. Membukanya, dan berusaha mendeskripsikan menggunakan satu kalimat. Misalkan ia kedapatan mengambil potongan kertas yang isinya adalah book. Maka ia cukup mengucapkan it is wide.
6. Ketika yang dideskripsikan siswa pertama tersebut benar, maka ia mendapat dua poin. Berikan waktu 5 detik bagi siswa yang akan menjawab mengenai deskripsi benda. Sehingga, ketika ia tidak mampu menjawab setelah angka 5 detik, maka siswa tersebut gugur.
7. Terus lanjutkan ke anggota kelompok selanjutnya. Kemudian lanjutkan ke kelompok yang lainnya dengan skema permainan serupa.


demikian sedikit pengalaman yang saya peroleh, silahkan mencoba, siapa tahu berguna bagi anda dan anak didik anda,... 

0 komentar

Posting Komentar