RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan inter-personal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 1.1 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema : Camping Life and An Adventure In the Forest
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a. Mengidentifikasi penjelasan tentang identitas seseorang
b. Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam dialog
c. Menentukan karakteristik seseorang dengan penjelasan yang ada
d. Menggambar wajah sesuai deskripsi dalam rekaman dialog
e. Melengkapi dialog rumpang
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice
• Sript dan rekaman dialog
• Rekaman, gambar dan pilihan jawaban
• Penjelasan kegiatan
• Dialog rumpang dan rekaman
b. Developing Skills
• Rekaman percakapan dan pilihan jawaban
• Gambar dan rekaman percakapan
c. Pronunciation
• Rekaman dan script kata-kata yang mengandung pelafalan bunyi [i:] dan [I]
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentang gambar yang menjadi latar belakang dalam dialog yang akan dibahas
• Guessing Game: menebak nama tokoh terkenal yang dideskripsikan oleh guru.
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Mencocokkan karakteristik seseorang dalam gambar dengan penjelasan dalam rekaman
? Menggambar wajah pelaku kejahatan sesuai penjelasan dalam rekaman
? Menggambar seseoang sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh siswa lain
? Melengkapi dialog rumpang
? Menentukan pemilik benda-benda yang terdapat dalam gambar
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan : Kaset/CD
b. Workbook Kaset/CD
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Merespon ungkapan meminta dan memberi kepastian
2. Merespon ungkapan mengungkapakan dan menganggapi keraguan
Tes lisan
Tes tertulis Esian - Respond the teacher’s statement!
T: “Are you sure?
S: “.......”
- Choose the correct expression to complete the dialogue below
- Write the missing words based on the dialogue you hear
a. Instrumen:
Listen to the dialogue (Listening on page 16) and answer the following questions.
1. How does Nancy look like?
2. Whose camp stove is that in the campsite?
3. Where does Tony ask Nancy to go at noon?
4. How does Nancy refuse Tony’s offer?
5. When will they meet again?
b. Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal x 3 = 15
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c. Rubrik Penilaian
Uraian Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
Jenis teks : Transactional / Interpersonal
Tema : Camping Life dan An Adventure In the Forest
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a. Melengkapi dialog rumpang
b. Merespon pertayaan sesuai dalam rekaman
c. Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam dialog
d. Menyebutkan hal-hal yang terjadi dalam comic-strip
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice (halaman 30, 48, 60, 72, 73)
• Script, rekaman dialog
• Comic-strip dan rekaman
b. Developing Oral Skills(halaman 57, 67)
• Rekaman dialog, pilihan jawaban
• Rekaman dan script pertanyaan Mr. Boardman
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan comic-strip
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Melengkapi dialog rumpang
? Memilih jawaban yang tepat berdasarkan informasi dalam interview dengan Mr. Boardman
? Menjawab berbagai pertanyaan dalam interview tersebut
? Menjawab pertanyaan sesuai dengan informasi dalam dialog
? Menjawab pertanyaan yang berhubunga dengan rekaman comic strip
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan : Kaset/CD .
b. Workbook Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Merespon ungkapan meminta pengulangan
2. Merespon ungkapan menunjukan perhatian
3. Merespon ungkapan menyatakan kegaguman
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis Isian singkat
Merespon Ungkapan Lisan
PG Listen to the dialoque and complete the sentences.
Listen to the expression and give your response
Listen to the expression and choose the right answer
Instrumen:
Answer these questions orally:
1. Is Scott a great dog? How do you think so?
2. Are Tony and Trevor considered to be careless? Why do you think so?
d. Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 5
2. Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa = 10
Uraian Skor
Jawaban benar dengan kalimat sempurna
Jawaban benar dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah dengan kalimat sempurna
Jawaban salah dengan kalimat kurang sempurna
Jawaban salah 5
4
3
2
1
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 2 Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Jenis teks : teks lisan fungsional
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat:
a. Menentukan harga barang sesuai rekaman
b. Mengulangi pengucapan nama-nama bagian tubuh sesuai dalam rekaman
c. Mengulangi kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi vokal
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice
• Gambar dan reaman
b. Pronunciation
• Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u:] dan [u]
• Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [3:] dan [e]
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A.Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Menyebutkan hal-hal yang berhubungan dengan belanja
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Melihat apa saja barang yang terdapat dalam daftar belanja
? Menentukan harga barang sesuai dalam rekaman
? Berdiskusi dengan siswa lain tentang harga keseluruhan dari daftar tersebut
? Mendengarkan rekaman dari kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u:] dan [u]
? Menentukan kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u:] dan [u]
? Mendengarkan rekaman dari kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [3:] dan [e]
? Mengklasifikasikan kata yang mendapat pelfalan bunyi [3:] dan [e]
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b. Workbook Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek: pesan singkat, surat pribadi dan brosur
2. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks-teks fungsional/pendek, - surat pribadi
- brosur
Tes Tulis
Tes tulis Isian singkat
Pilihan ganda Listen to the text and complete the sentences.
Listen to the text and choose the correct answer
a. Instrumen:
Write 10 names of the parts of the body mentioned by your teacher!
b. Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
2. Jumlah skor maksimal 10 x 1 = 10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 2.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Jenis teks : monologue (procedure/report)
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Menentukan urutan suatu rekaman monolog
b. Melengkapi teks bacaan sesuai rekaman
c. Menulis nama orang-orang yang mengungkapkan pendapat dalam monolog
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice (halaman 7)
• Script, rekaman monolog ‘Does chocolate grow on trees?’
b. Developing Skills (halaman 12, 39)
• Rekaman, script ‘How they make chewing gum’
• Rekaman, script ‘Gilwell Park’
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Menyebutkan makanan-makanan ringan yang disukai
• Bertanya jawab tentang cara pembuatan coklat
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Membaca ‘The Mysterious Hut’
? Menulis nama-nama orang yang megungkapkan pernyataan dalam cerita akhir ‘The Mysterious Hut’
? Membaca bacaan ‘Gilwell Park’
? Melengkapi teks bacaan tersebut dengan berdasarkan rekaman dialog
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Melihat gambar yang mengilustrasikan tentang pembuatan coklat
? Membaca kalimat yang tersusun acak
? Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph dengan mengacu pada rekaman monolog tentang pembuatan coklat
? Melengkapi teks bacaan ‘How they make chewing gum’
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b. Workbook Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Mengidentifikasi
berbagai informasi
dalam teks
monologpendek
berbentuk
procedure/report
2. Mengidentifikasi
langkah retorika
dalam teks
monolog berbentuk
procedure/report
3. Mengidentifikasi
tujuan komunikatif
teks monolog
berbentuk
procedure/report Tes lisan
Tes tertulis Unjuk kerja
Pilihan ganda
Melengkapi kalimat rumpang - Demonstrate how to operate a digital camera!
The teacher will read the instruction for you
- Choose the correct answer.
Listen carefully!
- Complete the sentences! Based on the text you hear
Instrumen:
Listen to the monologue about Harvesting Rice.
Your teaher will play it three times.
Take notes for details to make a report on how to harvest rice.
1.
2.
3.
4.
5.
Script:
Harvesting Rice
It always needs much water if we want to start planting the rice. Farmers usually plant the seeds in rainy seasons so that it wouldn’t lack of water. For several months, the seeds are planted in a smaller muddy field. After they grow into about 10 cms long, they will be replanted in a larger muddy field. Farmers will crop them if the leaves are yellowish.
b. Pedoman Penilaian\
Setiap jawaban yang sempurna diberi skor 3
Jumlah skor maksimal keseluruhan x 5 = 15
Nilai maksimal = 10
Nilai Siswa =
c. Rubrik Penilaian
Uraian Skor
Jawaban benar dan tata bahasa tepat
Jawaban benar dan tata bahasa kurang tepat
Jawaban kurang tepat dan tata bahasa tidak benar
Tidak menjawab 3
2
1
0
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
Jenis teks : transactional/interpersonal
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2X Pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Menentukan bagian-bagian tubuh seseorang dalam gambar
b. Bertanya jawab tentang gambar dan situasi yang terdapat di dalamnya
c. Bermain peran dalam sebuah dialog
d. Bertanya jawab tentang kesukaan orang lain
e. Menjawab pertanyaan sesuai dengan petunjuk yang ada
f. Menggunakan must dan can dalam dialog
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice (halaman 3, 5, 6, 18, 19, 34, 74, 75 )
• Penjelasan kegiatan dalam games
• Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
A: I think this is Bruce Willis’ nose
B: Yeah, that’s right
A: Whose is this pen?
B: It’s Steve’s
A: Yes, exactly
A: How tall are you?
B: I am …
A: What about some dessert?
B: I’ll have…
b. Grammar Practice (halaman 23, 35, 78)
• Penjelasan penggunaan Whose….
• Penjelasan penggunaan Shall…?/Let’s …
• Penjelasan penggunaan must dan can
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Game: Hide and seek. Dengan mengacu pada gambar, menempatkan karakter dalam tempat-tempat tersembunyi dalam gambar. Siswa lain menebak nama-nama karakter dalam unit tersebut dan tempat persembunyiannya
• Game: menebak siapa pemilik benda-benda yang dikumpulkan dalam kelompok (4 siswa)
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Menentukan bagian-bagian tubuh seseorang dalam gambar
? Bertanya jawab tentang berat dan tinggi badan seseorang
? Bertanya jawab tentang pendapat tentang suatu gambar dan peristiwa yang terjadi dalam gambar tersebut
? Bertanya jawab tentang kesukaan orang lain
? Bermain peran sesuai dengan situasi yang terdapat dalam buku ( mengundang Jean dan Nancy ke sebuah restoran)
? Menjawab pertanyaan secara oral (whose…)
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b. Workbook Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Bertanya dan
menjawab tentang
meminta dan
memberi kepastian
2. Bertanya dan
menjawab tentang
mengungkapkan
dan menanggapi
keraguan
Tes lisan
Performance
Create a dialogue based on the given situation and perform it in front of the class!
a. Instrumen:
Make up a role play based on this situation. (A group of 3)
You and your friend were on the home when suddenly you saw a robber running out from the bank.
You are having an interview with the police. In giving some descriptions, you are not sure about that but your friend who was almost hit by the robber is so certain about the robber’s physical charateristics
b. Pedoman Penilaian\
Nilai maksimal 20 x 5 =100
c. Rubrik Penilaian
Criteria Score
Pronunciation 5
Delivery 5
Performance 5
Cooperation 5
Standard of each criteria:
Excellent 5
Very good 4
Good 3
Average 2
Poor 1
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
Jenis teks : transactional/interpersonal
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2x Pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Bertanya jawab sesuai dengan informasi yang terdapat dalam artikel
b. Bertanya jawab dengan mengacu pada informasi dalam gambar
c. Menggunakan should dalam kalimat
d. Membuat dialog dengan menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi perhatian
e. Bertanya jawab dengan menggunakan question tags
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Communication Practice (halaman 32, 48, 49, 50, 51)
• Percakapan-percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
A: How much are the running shoes?
B: It’s …
A: How do you feel?
B: Not so good. I’ve got a headache.
A: You should take an aspirin.
A: What does Trevor tell Tony about Epping Forest?
B: ….
A: Are there any birds?
B: Yes, there are some.
b. Grammar Practice (halaman 52, 53, 54, 55, 66)
• Penjelasan tentang should
• Penjelasan tentang question tags
• Penjelasan tentang a lot of/lots of, any/no, much, many, a little, a few
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Menyebutkan hal-hal apa saja yang diketahui tentang gambar atau artikel yang akan dibahas
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Menggunakan ekspresi yang digunakan dalam menyatakan keadaan sakit
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
b. Workbook Kaset/CD .
c. Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
d. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Bertanya dan menjawab tentang meminta pengulangan
2. Bertanya dan menjawab tentang menunjukan perhatian
3. Bertanya dan menjawab tentang menyatakan kekaguman Unjuk kerja Uji petik berbicara
Bermain peran Create a dialogue based on the role cards and perform it in front of the class!
a. Instrumen:
Make up a telephone conversation (3’). In that conversation, you friend is having light headache. Give some suggestion to him/her.
b. Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan 100
c. Rubrik Penilaian
Element Score
Pronunciation 50
Delivery 50
Standard of Pronunciation and Delivery:
Excellent 41-50
Very good 31-40
Good 21-30
Average 11-20
Poor =10
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Jenis teks : teks lisan fungsional
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Mendeskripsikan deskripsi singkat tentang ciri-ciri fisik seseorang
b. Melafalkan kata-kata yang mengandung bunyi [æ] dan [e]
c. Melafalkan kata-kata yang mengandung bunyi [u] dan [u:]
d. Melafalkan kata-kata yang mengandung bunyi [e] dan [3:]
e. Menyanyikan lagu
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Developing Skills (halaman 27)
• Rekaman dan script lagu ‘Waltzing Matilda’
b. Communication Practice (halaman 5)
• Penjelasan kegiatan
c. Pronunciation (halaman halaman 58, 14, 82)
a. Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [æ] dan [e]
b. Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [u] dan [u:]
c. Rekaman dan script kata-kata yang mendapat pelafalan bunyi [e] dan [3:]
d. Unit self-test (halaman 15)
• Record your voice: record the descriptions of two/three of your classmates
• Record your voice: say what you like doing in your free time
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Menyebutkan ciri-ciri fisik yang dimiliki teman sekelas
• Menebak nama dari teman sekelas yang mempunyai ciri-ciri seperti yang disebutkan
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Mendeskripsikan deskripsi singkat tentang ciri-ciri fisik seseorang
? Melafalkan kata-kata yang mengandung bunyi [æ] dan [e]
? Melafalkan kata-kata yang mengandung bunyi [u] dan [u:]
? Melafalkan kata-kata yang mengandung bunyi [e] dan [3:]
? Menyanyikan lagu
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Script percakapan dan/atau rekaman lagu, kata-kata yang mendapat pelafalan huruf vokal
4. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1. Menjawab secara lisan berbagai pertanyaan tentang isi teks yang didengar
2. Menyampaikan secara lisan berbagai informasi yang terdapat dalam
a. Surat pribadi
b. Brosur Tes Lisan
Tes Lisan Performance
Performance 1. Retell the letter to your friend
2. Tell your friend what the brosure about
a. Instrumen:
Based on the photograph (3-4 photos taken from page 23) you get, describe in details their physical appearance
b. Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan 100
c. Rubrik Penilaian
Element Score
Pronunciation 25
Delivery 25
Performance 25
Supporting aids 25
Standard of each element:
Excellent 21-25
Very good 16-20
Good 11-15
Average 6-10
Poor =5
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Jenis teks : monolog procedure/report
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Memberikan penjelasan tentang syarat-syarat
b. Memberikan laporan atas suatu bacaan
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Unit self-test (halaman 59, 71)
• Record your voice: say what is required to become a member of Gilwell Park Summer Staff
• Record your voice: say what three people think about Gilwell Park
• Record your voice: say all you know about epping Forest
• Record your voice: record ay kind f information about two/three characters in this unit
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Menyebutkan ciri-ciri fisik yang dimiliki teman sekelas
• Menebak nama dari teman sekelas yang mempunyai ciri-ciri seperti yang disebutkan
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Memberikan penjelasan tentang syarat-syarat
? Memberikan laporan atas suatu bacaan
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Script percakapan dan/atau rekaman bacaan
4. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
• Melakukan monolog pendek dalam bentuk
1. Procedure/report
Unjuk kerja
Uji petik berbicara
1. Please tell us
how to send
sms using your
HP (alternative
lain boleh dipilih)
2. Observe a
certain kind of
things you like
best and report it
to the class
a. Instrumen:
Say all you have known about: 1. How to be Gilwell Park member
2. Gilwell Park
3. Epping Forest
4. The characters in unit 27
Notes: students will pick up the lottery consist of the above topics. Then, the teacher should give ample time for the students to compile any supporting materials and aids to demonstrate their monologue.
b. Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan 100
c. Rubrik Penilaian
Element Score
Pronunciation 25
Delivery 25
Performance 25
Supporting aids 25
Standard of each element:
Excellent 21-25
Very good 16-20
Good 11-15
Average 6-10
Poor =5
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 5.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
Jenis teks : tulis fungsional dan monolog procedure/report
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 xpertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Membaca nyaring teks yang berupa prosedur
b. Membaca nyaring teks bacaan
c. Membaca nyaring kalimat-kalimat yang sesuai dengan gambar
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Developing Skills (halaman 12)
• Bacaan: ‘How They Make Chewing Gum?’
b. Communication Practice (halaman 7, 51)
• Bacaan: ‘Does Chocolate Grow on Trees?’
• Gambar, kalimat
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentang teks yang akan dibaca
• Mencari kata-kata yang sulit untuk dilafalkan
• Menirukan pengucapan guru
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Membaca nyaring teks yang berupa prosedur
? Membaca nyaring teks bacaan
? Membaca nyaring kalimat-kalimat yang sesuai dengan gambar
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Gambar-gambar yang relevan
4. Script bacaan atau rekaman bacaan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1.Mengidentifikasi
makna gagasan
dalam teks berbentuk
procedure dan report
2.Mengidentifikasi
berbagai informasi
yang terdapat dalam
teks berbentuk
procedure dan report
3.Mengidentifikasi
tujuan komunikatif
teks berbentuk
procedure/report
4.Mengidentifikasi
langkah retorika
dalam teks berbentuk
procedure/report
5.Membaca nyaring
teks berbentuk
procedure/report
Tes tulis
Tes lisan Pertanyaan
Bacaan
Membaca nyaring Answer the following questions based on the text
Read the text aloud
a. Instrumen:
Daftar petunjuk:
Group Work (3-4 students):
1. find out any kind of reading passage about procedure
2. read and try to comprehend your reading passage
3. rewrite the reading with your friends in your group
4. tell the summary in turn so that each student get their turn
b. Pedoman Penilaian\
Jumlah skor maksimal keseluruhan 100
c. Rubrik Penilaian
Element Score
Pronunciation 25
Clarity 25
Expression 25
Cooperation 25
Standard of each element:
Excellent 21-25
Very good 16-20
Good 11-15
Average 6-10
Poor =5
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Jenis teks : tulis fungsional
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 xpertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Mengubah satuan berdasarkan tabel
b. Membuat daftar belanja
c. Menulis pertanyaan sesuai gambar
d. Menentukan topic-topik yang dibicarakan dalam home page
e. Memilih jawaban berdasarkan informasi pada halaman website
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Developing Skills (halaman 69)
• ‘The Epping Forest’, pernyataan dan pilihan jawaban
b. Grammar Practice(halaman 8, 5, 21, 36, 63, 64, 65)
• Satuan panjang dan berat
• Penjelasan penggunaan some untuk menawarkan sesuatu, latihan
• Penjelasan penggunaan how much/how many, latihan
• Penjelasan kata ganti penghubung: who, which, that, whom
c. Communication Practice (halaman 31)
• Penjelasan kegiatan, daftar belanja
d. Build Up Your Portfolio
• Samantha’s home page
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentang teks yang akan dibaca
• Mencari kata-kata yang sulit untuk dilafalkan
• Menirukan pengucapan guru
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Mengubah satuan berdasarkan tabel
? Membuat daftar belanja
? Menulis pertanyaan sesuai gambar
? Menentukan topic-topik yang dibicarakan dalam home page
? Memilih jawaban berdasarkan informasi pada halaman website
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
1.Mengidentifikasi makna yang terdapat teks fungsional pendek;
- Surat Pribadi
- Brosur
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek, - Surat Pribadi
- Brosur
Tes Tulis
Tes lisan
1. Pilihan ganda
2. Isian singkat
1. Choose the best
option, a, b, c or
d based on the
text.
2. Complete the
sentences based
on the text.
a. Instrumen:
Refer to Samantha’s home page, write a brief description about:
1. her personal description
2. her school
3. her friends
4. her hobbies
5. her holiday in Oklahoma
Copies on Samanta’s home page on pg. 43.
b. Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 3
2. Jumlah skor maksimal x 5 = 15
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c. Rubrik Penilaian
Uraian Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 5. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 5.3 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Jenis teks : monolog procedure/report
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Menentukan benar, salah atau tidak relevannya suatu pernyataan berdasarkan informasi yang terdapat dalam bacaan
b. Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan informasi yang terdapat dalam bacaan
c. Melengkapi teks
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajarana
a. Developing Skills
• Bacaan:’Travelling in Britain and around London’
• Bacaan: ‘Australia, the largest island and the smallest continent’, daftar pertanyaan
• Bacaan: ‘Australian English’
b. Culture file
• Bacaan: ‘The Royal Flying Doctor Service’, daftar pertanyaan
c. Communication Practice
• Kalimat acak, gambar
d. Build up Your Portfolio
• Bacaan ‘Chingford’
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentag bacaan yang akan dibaca
• Menulis hal-hal yang ingin diketahui tentang bacaan
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Menentukan benar, salah atau tidak relevannya suatu pernyataan berdasarkan informasi yang terdapat dalam bacaan
? Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan informasi yang terdapat dalam bacaan
? Melengkapi teks
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
• Membaca nyaring
• Mengidentifikasi informasi yang berhubungan dengan bacaan tentang prosedur
• Menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan
• Membuat ringkasan Tes lisan
Tes Tulis
Membaca nyaring
Isian singkat
• Read the text aloud
• Jelaskan informasi yang berhubungan dengan bacaan tentang prosedur
• Jawabkan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan bacaan
• Buatkan ringkasan
a. Instrumen:
Read the text below and answer the questions.
Chingford (copy of text from page 85)
Questions:
1. How is the name of Chingford probably originated?
2. What did King Henry VIII do in Chingford during his reign?
3. Why did the Boothby-Heathcote become an important part of Chingford’s history?
4. How do you explain today’s Chingford area?
5. What is the relation between Chingford and Boy Scouts?
b. Pedoman Penilaian
1. Untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
2. Jumlah skor maksimal x 5=10
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai Siswa =
c. Rubrik Penilaian (untuk nomor 7 dan 8)
Uraian Skor
Isi benar, tata bahasa benar
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 2
1
0
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Jenis teks : tulis fungsional
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Melengkapi dialog dengan possessive pronoun yang sesuai
b. Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat
c. Menggunakan should dalam kalimat
d. Menulis dialog dengan berdasarkan deskripsi yang tepat
e. Melengkapi email berdasarkan situasi yang ada
f. Melengkapi tabel dengan hal-hal yang disukai dan tidak disukai
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2. Materi Pembelajaran
a. Communiacation Practice (halaman 5, 7, 27, 61)
• Gambar, pilihan jawaban dan penjelasan kegiatan
b. Developing skills (halaman 12)
• Penjelasan situasi, teks email yang rumpang
c. Grammar Practice (halaman 10, 11, 20, 22, 23, 37, 55, 75, 76)
• Penjelasan penggunaan bentuk passive, daftar kalimat aktif
• Penjelasan kata ganti milik, teks dialog rumpang
• Penjelasan kata kerja –ing
• Penjelasan penggunaan borrow, lend, daftar kalimat dan dialog rumpang
• Penjelasan penggunaan should dalam kalimat, daftar kegiatan
• Penjelasan penggunaan kata ganti milik
d. Unit Self-test (halaman 15)
• Tabel dan penjelasan kegiatan
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama dan kedua.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentag email
• Menulis lima hal yang berhubungan dengan email
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Melengkapi dialog dengan possessive pronoun yang sesuai
? Menyusun kata-kata menjadi sebuah kalimat
? Menggunakan should dalam kalimat
? Menulis dialog dengan berdasarkan deskripsi yang tepat
? Melengkapi email berdasarkan situasi yang ada
? Melengkapi tabel dengan hal-hal yang disukai dan tidak disukai
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
• Menulis kalimat pendek dan sederhana
• Menulis teks fungsional pendek dan sederhana
Tes Tulis
Tes Tulis Uraian
Uraian 1. Write simple sentences based on the picture given.
2. Write a letter based on the situation
3. Write a letter to your uncle telling him that you want to spend holiday in his town.
4. Write a simple brochure attracting people to a certain place
a. Instrumen:
Write an email to your friends about the animal you like and do not like. Give some reasons on why you love or hate that animal.
b. Pedoman Penilaian
Nilai maksimal masing-masing elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =
c. Rubrik Penilaian
Element Score
Grammar 25
Spelling 25
Diction 25
Paragraph Development 25
Standard of each element:
Excellent 21-25
Very good 16-20
Good 11-15
Average 6-10
Poor =5
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama sekolah : SMP PGRI 4 Nusawungu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / 1
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
Jenis teks : monolog procedure/report
Tema : Camping Life dan An Adventure in the Forest
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat merespon makna dalam:
a. Meringkas suatu bacaan
b. Menulis kembali suatu prosedur pembuatan makanan
c. Menulis cerita berdasarkan bacaan
? Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
2. Materi Pembelajaran
a. Developing skills (halaman 12, 14, 25, 26, 68)
• Bacaan ‘How to make chewing gum’, penjelasan kegiatan
• Gambar dan penjelasan kegiatan
• ‘Australia, the largest island and the largest continent’, penjelasan kegiatan
3. Metode Pembelajaran: three-phase technique
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama, kedua dan ketiga.
A. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
• Tanya jawab tentag email
• Menulis lima hal yang berhubungan dengan email
Motivasi :
• Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
B. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
? Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
? Meringkas suatu bacaan
? Menulis kembali suatu prosedur pembuatan makanan
? Menulis cerita berdasarkan bacaan
? Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
? Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
? Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
? Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
? Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
? Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
? Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
? Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
? Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
? Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
? Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
? Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
? Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
? Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
? Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
? Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
? Membantu menyelesaikan masalah;
? Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
? Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
? Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
? Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
? Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
? bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
? melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
? memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
? merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
? menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5. Sumber belajar
1. Buku teks yang relevan: Kaset/CD .
2. Workbook Kaset/CD .
3. Gambar-gambar yang relevan
6. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
• Menyusun kalimat acak menjadi teks yang padu berbentuk procedure/report
• Menulis essay berbentuk procedure / report
Tes tulis
Tes tulis Menyusun kalimat
Uraian Rearrange the following jumbled sentences in a good order.
Write a procedure text telling how to operate a computer
Write a report on a certain kind of thing or place around you.
a. Instrumen:
Make a summary of ‘Epping Forest’
b. Pedoman Penilaian
Nilai maksimal masing-masing elemen= 25
Nilai maksimal = 100
Nilai perolehan =
c. Rubrik Penilaian
Element Score
Grammar 25
Spelling 25
Diction 25
Paragraph Development 25
Standard of each element:
Excellent 21-25
Very good 16-20
Good 11-15
Average 6-10
Poor =5
Mengetahui;
Kepala Sekolah SMP PGRI 4 Nusawungu
(SAIDI HARTONO, S. Pd)
NIY. 330923 Nusawungu, 6 Juli 2015
Guru Mapel Bahasa Inggris,
(ANDRI KUSTANTO, S. Pd)
NIP /NIK : ..............................
Rabu, 03 Februari 2016
RPP BAHASA INGGRIS KELAS IX SEMESTER I KTSP
Share this
Related Articles :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Paling Dilihat
-
Communicative Languange Teaching (CLT) CLT sering sekali digembor-gemborkan oleh para tenaga pengajar bahasa yang merasa tidak cocok deng...
-
Dalam ilmu bahasa ada beberapa kata yang memiliki arti sama, meskipun berbeda bentuknya atau disebut synonym. sebagai contoh kata; Trip,...
-
Passive Voice pada Simple Future Tense Berbeda dengan active voice, simple future tense yang main verb-nya berupa bare infinitive (pada...
-
Wh- Question dengan Simple Present Tense Wh- Question dengan Simple Present Tense Seperti hal yes-no question ( pada contoh t...
-
Wh- Question dengan Simple Future Tense Sama seperti yes-no question (pada contoh tulisan sebelumnya: Simple Future Tense), wh- questi...
-
Penggunaan Because, Because of, Since, dan Due To Dalam Bahasa Inggris Because, since, as, because of, due to Dalam bahasa Inggris k...
0 komentar
Posting Komentar